PANDUAN LENGKAP CARA MERAKIT PC UNTUK PEMULA

Merakit komputer gaming dari awal merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memastikan sistem dapat sesuai dengan selera dan preferensi pribadi Anda. Dengan mengambil kendali atas setiap komponen computer, termasuk power supply, Anda dapat memastikan bahwa PC Anda dapat menghadirkan pengalaman bermain game sesuai dengan keinginan Anda, dengan frame rate yang diharapkan. Kelebihan lain dari PC yang dirakit sendiri adalah fleksibilitas untuk melakukan peningkatan yang bisa disesuaikan karena perubahan teknologi, selera bermain game dan kebutuhan, atau menyesuaikan dengan anggaran Anda.

Selain keuntungan-keuntungan tersebut, terdapat beberapa manfaat tambahan yang bisa Anda dapatkan dengan cara merakit PC gaming sendiri:

  1. Kontrol Kualitas Komponen: Anda dapat memilih komponen dari merek dan kualitas tertentu yang telah teruji dan terpercaya. Hal ini memastikan bahwa komputer Anda dibangun dengan komponen berkualitas tinggi yang dapat diandalkan dalam jangka waktu yang lebih lama.
  2. Memilih Estetika Casing: Dengan cara merakit PC gaming dan memilih komponen PC sendiri, Anda juga bisa dengan bebas memilih casing dengan desain dan estetika yang Anda sukai. Anda dapat membuat komputer gaming Anda terlihat unik dan sesuai dengan gaya pribadi Anda.
  3. Pengetahuan Teknis: Proses merakit komputer gaming mengajarkan Anda lebih banyak tentang komponen-komponen PC dan bagaimana mereka bekerja. Ini meningkatkan pengetahuan teknis Anda dan membantu Anda menjadi lebih percaya diri dalam memahami dan menangani komputer.
  4. Kepuasan dan Kebanggaan: Merakit sendiri memberikan rasa kepuasan dan kebanggaan karena Anda berhasil menciptakan sesuatu yang berguna dan fungsional dari awal hingga akhir. Ini merupakan prestasi yang memuaskan dan memberikan dorongan untuk mencoba hal-hal baru.

 

 
s9-u05-39-detail-shot-gaming-pc-original-rwd
 

 

Meskipun merakit PC sepertinya rumit—terutama jika ini pertama kalinya Anda membuka bagian dalam casing—sebenarnya ini mungkin lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Panduan cara merakit computer ini akan membantu Anda melalui proses perakitan PC gaming pertama Anda, kami juga akan membagikan banyak tips dan trik dari perakit berpengalaman. BANDAR TOTO MACAU

 

 

 

PERSIAPAN 1: Alat Perakit PC

 

 
Alat perakitan PC
 

 

Sebelum menyelam lebih dalam ke perakitan, Anda perlu menyiapkan beberapa alat. Menyiapkan peralatan dan ruang kerja lebih awal akan membantu memastikan proses perakitan berjalan lancar.

 

 

 

  • Ruang kerja. Anda akan memerlukan permukaan besar sebagai tempat bekerja, misalnya meja. Untuk mencegah pelepasan elektrostatis yang tidak disengaja (yang dapat merusak komponen sensitif), pastikan Anda berdiri pada permukaan tanpa karpet.
  • Obeng. Anda akan memerlukan obeng Philips #2 untuk segalanya. Jika Anda memasang perangkat M.2, Anda akan membutuhkan obeng Philips #0.
    Tip pro: Obeng magnetik akan mencegah Anda menjatuhkan sekrup di dalam casing (ujung magnetik sangat lunak dan tidak berdampak apa pun pada komponen Anda).
  • Flash drive USB. Anda memerlukan flash drive 8 GB, atau lebih besar, untuk menyimpan penginstal sistem operasi yang akan digunakan.

 

 
 

 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

 
 

 

PERSIAPAN 2: Casing PC Gaming

 

 
Ukuran casing PC
 

 

Sebelum mulai memilih komponen PC atau CPU yang akan Anda gunakan, sebaiknya memilih casing terlebih dahulu— atau, setidaknya, memikirkan ukuran casing.

Hal utama yang perlu diingat ketika memilih casing adalah apa yang akan Anda pasang pada komputer.

Lokasi akhir PC akan menentukan seberapa besar Anda bisa (atau tidak bisa) melakukan, dan juga akan membantu menentukan apakah berbagai fitur casing premium layak dibeli. Anda mungkin tidak ingin membeli panel samping kaca tempered, misalnya jika komputer akan tersembunyi di bawah meja.

Casing biasanya tersedia dalam tiga ukuran: Besar, sedang, dan mini. Ini adalah kategori yang sangat umum (ukuran casing tidak distandardisasi oleh produsen), berdasarkan ukuran motherboard.

 

 
 

 




 

 

 

 
 

 

PERSIAPAN 3: Komponen PC Gaming

 

 
s9-u05-03-overhead-pc-components-original-rwd
 

 

​​​​​​Sekarang saatnya untuk menyatukan komponen PC Anda. Anda dapat mengerjakan langkah ini sesuka Anda, Anda dapat melakukan penelitian secara menyeluruh untuk setiap komponen yang Anda miliki dan membuat rakitan khusus dari awal, atau Anda dapat menemukan rakitan siap pakai di internet dan menyesuaikannya agar sesuai dengan anggaran dan kebutuhan khusus Anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu diingat sebelum Anda memulai:

  • Fungsi Utama Komputer. Sebelum Anda memulai merakit computer, Anda perlu menentukan apa fungsi utama dari computer Anda. Apakah Anda akan menggunakan computer untuk pekerjaan, desain, atau bermain game berspesifikasi tinggi. Setiap fungsi tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda.
  • Anggaran. Kami merekomendasikan Anda menentukan anggaran sebelum mulai memilih komponen. Anda selalu dapat mengupgrade masing-masing komponen di kemudian hari.
  • Buat Spesifikasi. Setelah Anda menentukan anggaran untuk computer Anda, sekarang saatnya Anda merencanakan spesifikasi dari setiap komponen PC yang akan Anda gunakan.
  • Kompatibilitas. Buat daftar komponen perakitan lengkap sebelum membeli komponen apa pun—semua komponen harus kompatibel dengan semua komponen lainnya. 
  • Persyaratan sistem. Jika Anda merakit PC karena ingin memainkan game tertentu,