Sejarah Penemu Sepeda Motor
Sama seperti transportasi lainnya, sepeda motor juga memiliki sejarahnya sendiri. Sepeda motor dengan bahan bakar bensin pertama di dunia, dibuat di Jerman. Sedangkan sepeda motor dengan mesin uap dibuat pertama kali di Perancis dan Amerika Serikat. Berikut ini penjelasan dari tiap penemunya
1. Penemu Sepeda Motor Uap
Dikutip melalui buku berjudul Ensiklopedia Transportasi Dunia (2012), sepeda motor pertama yang ada di dunia, berupa sepeda besi berpedal (velocipede) buatan dari penemu asal Perancis, Pierre Michaux pada tahun 1867.
Sepeda motor tersebut dipasangi sebuah mesin uang satu tabung yang merupakan buatan dari Louis Guillaume Perreux. Sepeda motor tersebut diberi sebutan dengan nama “The Michaux perreaux Steam Velocipede”. Sepeda motor ini berhasil mendapatkan hak paten pada tanggal 16 Maret 1969.
Sepeda motor ini memiliki berat 88 kg dengan kecepatan sekitar 14 km per jamnya. Untuk penemu sepeda motor mesin uap yang kedua berasal dari Amerika Serikat. Sylvester H. Roper membuat sepeda motor dengan menggunakan mesin uap pada tahun 1867 hingga 1869.
Rangka sepeda buatan Roper memiliki rangka yang sama dengan buatan Michaux. Yang membedakan sepeda motor ciptaan Michaux dengan Roper adalah, Roper menggunakan mesin uap dua tabung yang dipasang pada bagian sisi kanan dan sisi kiri rangka.
Pada tahun 1884, Roper menciptakan versi lain dari karyanya sebelumnya dengan menggunakan mesin uap satu tabung. Sepeda motor tersebut mempunyai kekuatan setara dengan 3 tenaga kuda. Sepeda tersebut juga memiliki kecepatan sekitar 64 km per jamnya.
2. Penemu Sepeda Motor Bensin
Dikutip melalui buku berjudul Menelusuri Sejarah Alat Transportasi karya Kusnanto (2019), sepeda motor bensin pertama dibuat oleh ahli mesin asal Jerman yang bernama Gottlieb Daimler pada tahun 1885.
Daimler memasangkan sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang khusus didesain sendiri. Sepeda tersebut mempunyai empat roda. Mesin untuk bensin diletakkan pada bagian tengah, antara roda depan dengan roda belakang.
Mesin tersebut dihubungkan dengan rantai pada bagian roda belakang. Sepeda kayu dengan mesin bensin tersebut diberi nama Reitwagen atau riding car. Putra dari Daimler, yaitu Maybach menjadi orang pertama di dunia yang pernah mencoba mengendarai Reitwagen.
Maybach mengendarainya dengan menempuh jarak sekitar 3 km di sepanjang Sungai Neckar dengan kecepatan kurang lebih 12 km per jamnya. Reitwagen tidak diperjual belikan pada saat itu.Pengaruh Sepeda Motor pada Industri Otomotif
Dikutip melalui buku berjudul Ensiklopedia Transportasi Dunia (2012), sepeda motor pertama yang ada di dunia, berupa sepeda besi berpedal (velocipede) buatan dari penemu asal Perancis, Pierre Michaux pada tahun 1867.
Sepeda motor tersebut dipasangi sebuah mesin uang satu tabung yang merupakan buatan dari Louis Guillaume Perreux. Sepeda motor tersebut diberi sebutan dengan nama “The Michaux perreaux Steam Velocipede”. Sepeda motor ini berhasil mendapatkan hak paten pada tanggal 16 Maret 1969.
Sepeda motor ini memiliki berat 88 kg dengan kecepatan sekitar 14 km per jamnya. Untuk penemu sepeda motor mesin uap yang kedua berasal dari Amerika Serikat. Sylvester H. Roper membuat sepeda motor dengan menggunakan mesin uap pada tahun 1867 hingga 1869.
Rangka sepeda buatan Roper memiliki rangka yang sama dengan buatan Michaux. Yang membedakan sepeda motor ciptaan Michaux dengan Roper adalah, Roper menggunakan mesin uap dua tabung yang dipasang pada bagian sisi kanan dan sisi kiri rangka.
Pada tahun 1884, Roper menciptakan versi lain dari karyanya sebelumnya dengan menggunakan mesin uap satu tabung. Sepeda motor tersebut mempunyai kekuatan setara dengan 3 tenaga kuda. Sepeda tersebut juga memiliki kecepatan sekitar 64 km per jamnya.
2. Penemu Sepeda Motor Bensin
Dikutip melalui buku berjudul Menelusuri Sejarah Alat Transportasi karya Kusnanto (2019), sepeda motor bensin pertama dibuat oleh ahli mesin asal Jerman yang bernama Gottlieb Daimler pada tahun 1885.
Daimler memasangkan sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang khusus didesain sendiri. Sepeda tersebut mempunyai empat roda. Mesin untuk bensin diletakkan pada bagian tengah, antara roda depan dengan roda belakang.
Mesin tersebut dihubungkan dengan rantai pada bagian roda belakang. Sepeda kayu dengan mesin bensin tersebut diberi nama Reitwagen atau riding car. Putra dari Daimler, yaitu Maybach menjadi orang pertama di dunia yang pernah mencoba mengendarai Reitwagen.
Maybach mengendarainya dengan menempuh jarak sekitar 3 km di sepanjang Sungai Neckar dengan kecepatan kurang lebih 12 km per jamnya. Reitwagen tidak diperjual belikan pada saat itu.Pengaruh Sepeda Motor pada Industri Otomotif
Sepeda motor menjadi salah satu transportasi yang berpengaruh pada industri otomotif. Sepeda motor selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Banyak inovasi-inovasi baru yang muncul di tiap tahunnya.