Kamu Doyan Makan Gorengan atau Jajanan Tepi Jalan ? Waspadai 5 Hal Berikut Ini!

Detak Kampar – Salam sejahtera untuk kita semau dimanapun berada. Jumpa lagi bersama kami di pembahasan menarik seputar dunia kesehatan dan bisnis. Yang mana kita tahu, di era milenial dimana kehidupan berlangsung dengan sangat cepat dan kompetitif ini. Banyak orang kerap sekedar mengisi perut atau beristirahat sejenak dengan berhenti di tengah jalan untuk membeli cemilan. Tidak ada yang salah dengan hal atau kebiasaan seperti ini, apalagi mengingat manusia modern dituntut untuk lebih fleksibel dan kompetitif dalam memaksimalkan efisiensi waktunya. Namun, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar kebiasaan tersebut tidak sampai merugikan atau mengganggu kondisi kesehatanmu. Berikut penjelasan selengkapnya!

A. Kualitas Bahan Baku

Pastikan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan gorengan atau jajanan tepi jalan adalah segar dan berkualitas. Jangan membeli makanan dari tempat yang tidak terlihat bersih atau dari penjual yang tidak dikenal. Selain bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan, kamu juga beresiko terjangkit penyakit berbahaya karena hal tersebut.

B. Kebersihan Penyajian

Perhatikan kebersihan tempat penyajian dan alat-alat yang digunakan oleh penjual. Hindari membeli makanan dari penjual yang tidak menjaga kebersihan, karena ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit. Anda juga bisa selalu menyediakan alat pembersih pribadi seperti tisu, sapu tangan, hand sanitizer, dan lain sebagainya, sebelum mulai mengonsumsi makanan yang dibeli.

C. Proses Pengolahan

Pastikan bahwa makanan tersebut telah diolah dengan benar dan diproses hingga matang sempurna. Kurangi konsumsi makanan yang terlalu berminyak atau terlihat tidak matang dengan baik. Makanan yang berlemak dan memiliki kandungan minyak yang berlebih dapat meningkatkan resiko penyakit penyumbatan pembuluh darah.

D. Pemanasan Ulang

Hindari membeli gorengan atau jajanan tepi jalan yang telah dipanaskan ulang berkali-kali. Menurut informasi yang kami dapatkan dari Koranindonesia.id, proses pemanasan ulang yang berulang dapat menyebabkan penurunan kualitas makanan dan meningkatkan risiko kontaminasi bakteri.

E. Porsi dan Kadar Gula/Garam

Perhatikan porsi makanan yang kamu beli, karena konsumsi berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan. Selain itu, waspadai kadar gula dan garam yang tinggi dalam beberapa jenis jajanan, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang.
Informasi di atas mungkin sekalian akan menutup bahasan kita kali ini. Semoga apa yang disampaikan bisa berguna untuk Anda yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Akhir kata kami ucapkan, tetaplah hidup sehat agar kualitas kesehatan Anda semua tetap terjaga. Jumpa lagi di pembahasan menarik lainnya di kesempatan yang akan datang. Sampai bertemu lagi di lain kesempatan ya!