Model Kubah untuk Tampilan Masjid Modern yang Mengagumkan

 

Tampilan masjid yang indah dan mengagumkan tentu bisa menimbulkan ketertarikan bagi banyak orang untuk mengunjungi masjid dan melakukan aktivitas ibadah. Tak heran jika bangunan masjid saat ini dirancang seindah mungkin agar umat muslim semakin semangat untuk beribadah.

Di zaman saat ini, perkembangan arsitektur menjadikan model masjid semakin variatif seperti tampilan masjid yang dibuat lebih modern. Dengan model masjid modern yang menunjang kenyamanan beribadah maka umat Islam dapat beribadah dengan lebih khusyu’ dan khidmat.

Model Kubah yang Mendukung Tampilan Masjid Modern

Kubah masjid menjadi komponen arsitektur yang penting untuk menunjang tampilan modern pada masjid. Umumnya, model kubah masjid modern memberikan desain yang terlihat minimalis namun tetap memiliki pertimbangan aspek fungsi dan estetika.

Model kubah tersebut cocok untuk dipasang pada masjid yang hendak membuat tampilan masjid modern dan minimalis namun tidak meninggalkan sentuhan tradisional. Lantas, apa aja sih model kubah masjid modern saat ini? Nah, berikut adalah beberapa modelnya.

1.      Model Kubah Setengah Bola

Pada desain masjid modern, tak jarang menggunakan model kubah masjid setengah bola yang terlihat minimalis karena berbentuk setengah sisi bola. Model kubah semacam ini mempunyai desain yang terbilang unik dan bisa memberi penerangan baik di dalam masjid.

2.      Model Kubah Masjid Pinang

Model kubah masjid pinang juga termasuk referensi yang sering dipakai dalam model kubah untuk membangun masjid modern. Kubah jenis ini memiliki bentuk yang lebih tinggi menjulang layaknya pinang.

3.      Model Kubah Bawang

Model kubah berikutnya yang juga sering dipakai yaitu model bawang. Model bawang termasuk model kubah yang sering dipakai dalam pembangunan masjid. Bentuk kubah model bawang yaitu bentuknya bulat seperti bawang dimana diameter yang dimiliki lebih kecil dibandingkan kubah model lain.

4.      Model Kubah Masjid Madinah

Kubah untuk masjid modern selanjutnya yaitu model kubah masjid madinah. Kubah masjid dengan model madinah ini mengikuti desain pada Al-Masjid Al-Nabawi yang terdapat pada Madinah, Arab Saudi.

Model kubah Madinah ini mempunyai bentuk tradisional dan klasik sehinggga menimbulkan ketertarikan tersendiri untuk masjid yang menjadi tempat ibadah bagi umat muslim.

Berbagai model kubah di atas merupakan model kubah yang bisa menunjang tampilan masjid menjadi lebih modern. Anda bisa memilih model kubah yang paling sesuai dengan keinginan Anda untuk membangun masjid modern.

 

https://hamdalahkubahkreasindo.com/