Minum Air Putih Sehari Berapa Liter? Ini Dia Anjurannya

Pada dasarnya, sebagian besar komponen penyusun tubuh manusia terdiri dari air. Maka dari itu, penting untuk selalu mencukupi asupan cairan tubuh sebaik mungkin, salah satu caranya adalah dengan minum air putih yang cukup. Lantas, berapa jumlah konsumsi minum air putih harian yang dianjurkan?

 

 

 

Untuk mengetahui anjuran takaran minum air putih selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini hingga tuntas.

 

 

 

Minum Air Putih Sehari Berapa Liter?

 

 

Air merupakan komponen yang berfungsi untuk melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membantu membuang racun, melindungi, serta melembapkan jaringan dalam tubuh.

 

 

 

Lantas, minum air putih sehari berapa liter yang dianjurkan? Perlu diketahui bahwa takaran minum air putih yang dianjurkan pada setiap individu berbeda-beda, tergantung pada:

 

Kondisi tubuh, seperti minum air putih lebih banyak saat sedang menderita penyakit tertentu atau sedang dalam masa kehamilan dan menyusui.

 

Aktivitas sehari-hari. Bila sering melakukan aktivitas fisik atau olahraga berat yang membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, maka penting untuk minum air putih lebih banyak.

 

Konsumsi makanan sehari-hari. Makanan kalengan, makanan pedas, roti dan kue manis, gorengan, dan lain-lain diketahui dapat menimbulkan rasa haus dan dehidrasi sehingga membutuhkan minum air putih lebih banyak.

 

Kondisi cuaca. Kebutuhan cairan tubuh cenderung meningkat saat cuaca sedang panas atau lembap.

 

 

 

Namun, secara umum, konsumsi air putih yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah kurang lebih sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air untuk orang dewasa.

 

 

 

Di sisi lain, hal yang terpenting untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah dengan mengonsumsi air putih setiap kali merasa haus. Pasalnya, rasa haus merupakan tanda bahwa tubuh sedang kekurangan cairan dan membutuhkan asupan air.

 

 

 

Selain  itu, penting pula untuk memperhatikan warna urine guna memastikan apakah kebutuhan cairan tubuh telah tercukupi. Warna urine yang normal adalah kuning muda atau keemasan. Bila warna urine cenderung gelap dan keruh, hal tersebut menandakan bahwa asupan cairan tubuh masih belum tercukupi.

 

 

 

Akibat Kurang Minum Air Putih

 

 

Kurang minum air putih diketahui bisa memicu terjadinya dehidrasi. Kondisi ini dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, di antaranya adalah:

 

 

 

1. Mudah Lelah

 

 

Saat kekurangan cairan, kemampuan tubuh untuk mengedarkan darah, oksigen, dan nutrisi ke organ tubuh lainnya pun cenderung menurun. Kondisi ini dapat membuat tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga berisiko membuat seseorang menjadi mudah lelah.

 

 

 

Bahkan, saat tubuh mengalami dehidrasi, fungsi otak juga ikut menurun karena tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Akibatnya, seseorang yang mengalami dehidrasi sering kali kesulitan untuk memusatkan fokus dan konsentrasi.

 

 

 

2. Gangguan Sistem Pencernaan

 

 

Akibat kurang minum air putih selanjutnya adalah dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan. Pasalnya, kurangnya asupan cairan tubuh dapat mengganggu proses penyerapan makanan dan membuat feses menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Karena itu, kondisi ini berisiko memicu terjadinya susah buang air besar (sembelit).

 

 

 

3. Memicu Gangguan Ginjal

 

 

Air juga menjadi komponen penting yang diperlukan oleh ginjal untuk membersihkan racun di dalam tubuh dan memproduksi urine. Jika tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup, ginjal perlu bekerja lebih ekstra untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh. Bila terjadi secara terus-menerus, kondisi ini berisiko menyebabkan penyakit ginjal, seperti batu ginjal dan gagal ginjal akut.

 

 

 

Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan tubuh kesulitan untuk buang air kecil yang turut meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih.

 

 

 

4. Meningkatkan Risiko Stroke

 

 

Salah satu akibat kurang minum air putih yang perlu diwaspadai adalah dapat meningkatkan risiko terjadinya stroke. Kekurangan asupan cairan dapat menyebabkan darah cenderung kental dan menggumpal. Hal inilah yang berisiko memicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah di otak dan menyebabkan stroke, terutama stroke iskemik.

 

 

 

Dampak Kebanyakan Minum Air Putih

 

 

Bolehkah minum air putih lebih dari 2 liter per hari? Perlu dipahami bahwa minum air putih secara berlebihan dapat menyebabkan overhidrasi yang berisiko mengganggu keseimbangan elektrolit berupa hiponatremia (menurunnya kadar garam di dalam tubuh). Adapun sejumlah gejala umum dari hiponatremia adalah:

 

Perut kembung.

 

Kram dan lemah otot.

 

Mual dan muntah. 

 

Sakit kepala.

 

Gelisah dan mudah marah.

 

Mudah lelah.

 

Kaki dan tangan membengkak. situs togel terpercaya

 

Penurunan jumlah urine dan frekuensi berkemih.

 

Kejang. 

 

Kesulitan dalam memusatkan perhatian.

 

 

 

Waktu yang Dianjurkan untuk Minum Air Putih

 

 

Sebagai upaya menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, penting untuk memperhatikan waktu yang tepat dalam mengonsumsi air putih. Adapun waktu yang dianjurkan untuk mengonsumsi air putih setiap harinya adalah sebagai berikut.

 

Minum 1–2 gelas setiap bangun tidur.

 

Minum 1 gelas air putih setiap sebelum dan sesudah makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air putih sebelum makan juga mampu membantu melancarkan proses pencernaan.

 

Minum 1–2 gelas air putih saat merasa lelah.

 

Minum 1–2 gelas air putih sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik. bandar toto macau

 

Minum 1–2 gelas air putih sebelum tidur.

 

Perbanyak minum air putih saat sedang sakit.

 

Perbanyak minum air putih saat sedang hamil dan menyusui. Adapun konsumsi minum air putih untuk ibu menyusui yang dianjurkan adalah sekitar 16 gelas air putih sehari.

 

 

 

Itu dia anjuran takaran minum air putih sehari yang penting untuk dipahami oleh setiap individu. Selain minum air putih, penting pula untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Untuk itu, Anda dapat memesan paket NUTRITION – Healthy Meal Plan melalui aplikasi MySiloam.

 

 

 

Paket ini telah termasuk 3 porsi makan dan 2 camilan sehat per hari serta konsultasi dengan dokter spesialis gizi yang dapat membantu menganalisis komposisi tubuh sekaligus memberikan saran pemenuhan gizi sesuai dengan kondisi tubuh. 

 

 

 

Artikel ini dibuat dan diterbitkan oleh Siloam Hospitals, baca selengkapnya di: *https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/minum-air-putih-sehari-berapa-liter*

 

Dapatkan informasi atau layanan kesehatan terkini Siloam Hospitals di:

*Instagram*: https://instagram.com/siloamhospitals/

*Contact Center*: (021)1-500-181

*Siloam-At-Home*: https://wa.me/628111950181

 

Download aplikasi MySiloam untuk kemudahan pelayanan kesehatan Anda:

*IOS*: https://apple.co/3PYwuZK

*Android*: https://bit.ly/SiloamPS